Header AD

Ads

Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger

Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger
Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor -  Pada BlogSelamat pagi! Setelah lama tidak update, saya akan berbagi pengalaman dalam Mencegah Jingling atau Bot Visitor. Ini pengalaman pribadi saya beberapa waktu lalu saat tiba - tiba ada seseorang yang melakukan Jingling pada blog saya. Untuk caranya silahkan disimak!

Apa Itu Jingling

Jingling adalah salah satu metode untuk menambah visitor suatu blog dengan menggunakan bot atau program. Cara kerja bot atau program ini mengumpulkan banyak ip dari berbagai negara kemudian membuka blog kita secara otomatis dan serentak dalam satu waktu, sehingga blog akan memiliki banyak visitor dalam sekejap. Sekilas program ini akan memberikan keuntungan seperti website yang terlihat ramai, tapi dibalik itu semua, Jingling atau bot visitor memiliki sangat banyak efek buruk.

Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger

Efek dari Jingling Untuk Blog

Mungkin banyak dari kalian berfikir jika visitor semakin banyak karena jinjling merupakan salah satu keuntungan, namun hal itu salah besar. Memang blog kalian akan terlihat ramai namun itu hanyalah sebatas bot atau robot. Beberapa efek buruk Jingling antara lain :
  1. Ranking blog yang turun pada search engine Google.
  2. Susah dalam diterima Google Adsense.
  3. Susah saat dicari menggunakan search engine.

Cara Mencegah Jingling

Untuk mencegah jinjling, sebenarnya sangat mudah. Kita hanya akan memanfaatkan fitur Robot.txt yang ada pada menu blogger. Caranya sebagai berikut :
  • Buka dashboard blogger dan masuk menu setting kemudian pilih "Search Preference".
Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger

  • Kemudian nyalakan program "Robot.txt", dengan cara klik "Edit" dan pilih "Yes".
Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger

  • Setelah itu, copy paste kode berikut di kotak setting "Robot.txt":
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: http://downtrik.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
    NB: Rubah URL yang saya beri tanda warna merah dengan URL blog atau website kalian.

    Cara Setting "Custom Robot Header Tags"

    Untuk menyetting Custom Robot Header Tags, caranya mudah. Cukup aktifkan program ini dan samakan dengan setting yang saya berikan berikut ini :

    Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger

    Manfaat Memasang Custom Robot.txt Pada Blog

    Kebanyakan blogger pemula akan bingung saat akan memasang Custom Robot.txt pada bloggernya. Mereka akan bertanya apakah manfaat memasang Custom Robot.txt pada blogger? Untuk itu akan saya jawab. Manfaat dari memasang Custom Robot.txt sebagai berikut.

    Mencegah Bot Visitor 

    Dalam hal ini sudah jelas dari artikel yang saya bahas kali ini. Jingling atau bot visitor dapat dicegah menggunakan Custom Robot.txt karena pada saat pemasangannya hanya pihak yang diakui bekerja sama dengan blog kita lah yang bisa menelusuri blog kita dengan menggunakan robot. Hal ini diatur agar hanya search engine lah yang bisa menelusuri web kita menggunakan robot.

    Mempermudah Proses SEO Pada Blog

    Percaya atau tidak Custom Robot.txt memang bisa mempermudah dalam proses SEO sebuah blog. Setelah pemasangan Custom Robot.txt, pada dashboard penulisan artikel akan muncul menu "Search Description" atau "Deskripsi Penelusuran" yang dapat membantu penambahan kata kunci pada blog.
    Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger Cara Mencegah Jingling Atau Bot Visitor Pada Blogger Reviewed by Nadzan Affi on April 23, 2019 Rating: 5

    3 komentar

    1. Pasti sering di alami nih untuk bloger yang sering merasakan jigling yang merugikan untuk web nya. Harus baca supaya bisa sedikit menghindari jigling di blog masing-masing.

      BalasHapus

    Post AD

    Ads